Top Social

Tips: Membaca dengan Asyik

|
sumber: englishlab.net
Di jaman modern yang penuh gadget sekarang ini, banyak orang yang lebih menyenangi ber-sosial media daripada membaca. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa diketahui lebih senang bermain game atau nonton televisi daripada membuka lembaran-lembaran buku. Lalu bagaimana kita mau memberi contoh kepada generasi yang lebih muda jika kita sendiri tidak enjoy membaca. Nah, berikut ini ada beberapa tips membaca dengan asyik yang saya terjemahkan secara bebas dari wikihow.com. Jika teman-teman ingin membaca langsung tipsnya, bisa lihat disini.

1. Tentukan tujuan dan kuatkan niat. Pertama-tama kita harus mencari tahu alasan yang bagus agar kita mau membaca buku. Karena biasanya akan sulit jika kita melakukan sesuatu yang kurang kita sukai.
    - Contoh dari usaha meyakinkan diri untuk membaca adalah; "saya harus mencari tahu apa yang saya tidak mengerti dari topik ini. Maka dari itu saya harus membaca."
    - Buat tujuan yang jelas saat mengaktivasikan otak untuk membaca. Ketika kita sudah memiliki tujuan yang jelas, maka otak kita akan ikut membantu menjalankan apa yang sudah kita niatkan tadi (kegiatan membaca).

2. Cari tempat atau pojokan yang bisa dijadikan tempat membaca. Pastikan tempat tersebut nyaman dan memiliki pencahayaan yang baik. Kita juga dapat menempatkan rak buku tepat di sebelah sofa baca.

3. Pilih buku yang kita suka!

4. Jika tidak menyukai buku yang sedang dibaca, stop! Jangan lanjutkan membaca. Karena jika kamu terus membaca, maka bisa jadi akan membuatmu kehilangan minat. So, balik ke nomor 3, pilih buku yang kamu suka.
   - Jika menurutmu buku yang kamu pilih agak sulit dimengerti, cari buku yang lebih mudah dan enak dibaca.

5. Kita bisa coba membayangkan seperti apa gambaran buku yang sedang kita baca. Misal, ketika sedang membaca novel, bayangkan seperti apa latar belakangnya, situasinya, dan karakter tokoh-tokohnya (bagaimana jika kita menjadi tokoh-tokoh dalam novel tsb).

6. Nikmati snack sambil baca. Makanan dan minuman ringan merupakan teman yang asyik untuk menemani kita membaca.

7. Buat diri sendiri nyaman ketika sedang membaca. Misalnya, ketika cuaca mendung dan turun hujan, maka coba ambil selimut. Nah, baca sambil berselimut ketika cuaca dingin enak juga kan.

wikihow.com
Oke segitu dulu deh ya tipsnya. Sebenarnya tips asli dari wikihow ada 10 buah, namun saya memadatkannya menjadi 7 saja.

Selamat membaca ya teman-teman. Enjoy your reading. :)
2 comments on "Tips: Membaca dengan Asyik"

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature