Top Social

Kilas Buku: Pippi si Kaus Panjang

|

Judul: Pippi si Kaus Panjang
Judul Asli: Pippi Långstrump
Pengarang: Astrid Lindgren
Penerjemah: Agus Setiadi
Genres: Classic, Children
Penerbit: Gramedia, 2005 (pertama kali terbit 1945)
Paperback, 168 halaman

Pippi adalah seorang anak kecil berusia sembilan tahun. Ibu kandungnya meninggal dunia setelah melahirkan dirinya. Sementara itu ayahnya yang bekerja sebagai kapten kapal meninggal ditelan ombak lautan. Tinggalah Pippi seorang diri terombang-ambing di kapal laut bersama para kelasi kapal yang juga anak buah ayahnya. Suatu hari Pippi kembali ke Swedia dan tinggal di rumah kecil peninggalan ayahnya. Ia tinggal bersama monyet kecil dan kuda peliharaannya.

Setiap anak kecil di kota tempat Pippi tinggal sangat mengagumi gadis cilik berambut merah itu. Sementara setiap orang dewasa dibuat kesal bukan main. Mereka menganggap apa yang Pippi lakukan sangatlah tidak sopan dan berbahaya khususnya bagi seorang anak kecil seperti dirinya.

Buku ini penuh imajinasi khas anak-anak. Astrid berhasil menerjemahkan apa yang diinginkan anak-anak tanpa kehadiran orang dewasa di sekitar mereka. Karena inilah, Pippi diciptakan dan dijadikan teman baru bagi anak-anak.

Sementara bagi orang dewasa, buku ini termasuk buku yang absurd. Orang dewasa yang sudah berpikir logis akan bertanya-tanya, bagaimana mungkin seorang anak seperti Pippi ada di kehidupan nyata. Tidak mungkin seorang anak kecil bisa mengurus dirinya sendiri dengan mudah tanpa bantuan orang dewasa. Hey ingat, ini hanya buku. Dan bagi seorang anak kecil, menjadi seperti Pippi adalah impian mereka!

Saya teringat akan diri saya sendiri ketika kecil. Waktu itu hal yang paling saya inginkan adalah tinggal di dalam rumah pohon seorang diri. Saya akan memasak sendiri, mengurus rumah pohon saya sendiri dan bermain-main sendiri. Saya tidak perlu bekerja karena pekerjaan harian saya adalah bermain. Lalu saya akan tidur dimanapun dan kapanpun sesuka hati saya, tanpa ada yang mengatur jadwal tidur. Yah, begitulah impian saya semasa kecil. Dan saya merasa Pippi menjadi bagian dari hidup saya, bagian dari imajinasi setiap anak!

Ulasan ini untuk:
TBBR Mbak Maria
Lucky No. 14 Mbak Astrid
CLRP Bzee
2 comments on "Kilas Buku: Pippi si Kaus Panjang"
  1. Menarik. Nggak tau kenapa imajinasi waktu kecil selalu lebih menenangkan dibandingkan imajinasi saat ini, hehe

    ReplyDelete
  2. Bukannya bapaknya masih hidup tapi di pulau lain?

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature