Top Social

Kilas Buku: Insiden Anjing di Tengah Malam yang Bikin Penasaran

|
Judul: Insiden Anjing di Tengah Malam yang Bikin Penasaran
Judul Asli: The Curious Incident of The Dog in the Night-Time
Pengarang: Mark Haddon
Penerjemah: Hendarto Setiadi
Genres: Mystery, Young Adult, Psychology
Penerbit: KPG, 2004 (pertama kali terbit, 2003)
Paperback, 320 halaman
Award: Man Booker Prize Nominee for Longlist (2003), James Tait Black Memorial Prize Nominee for Fiction (2003), Whitbread Award for Novel and Book of the Year (2003), McKitterick Prize (2004), Los Angeles Times Book Prize (2003) Exclusive Books Boeke Prize (2004), بهترین کتاب داستانی سال وایت برد، جایزه گاردین Ùˆ ساوت بانک شو, ALA Alex Award (2004), Zilveren Zoen (2004), Abraham Lincoln Award Nominee (2006), Commonwealth Writers’ Prize for Best First Book Overall (2004)

Christopher John Francis Boone adalah seorang anak laki-laki berumur 15 tahun. Untuk ukuran anak-anak seusianya ia termasuk yang paling cerdas dan mampu mengingat apapun yang ia lihat. Suatu ketika ia menemukan anjing tetangganya mati terkapar dengan garpu kebun menusuk tubuhnya. Anak lain mungkin akan lari ketakutan dan tidak akan peduli setelahnya. Namun tidak dengan Chrsitopher. Ia peduli dan ia akan tetap peduli karena ia berbeda. Orang seperti dirinya tentu saja akan mencari tahu siapa pelaku kejahatan, meskipun yang menjadi korban cuma anjing.

Tindakannya ini akhirnya membawa Christopher kepada beragam masalah, bukan sekedar kepada pembunuhan anjing. Anjing itu mati ya pasti tetap mati. Namun yang ditemukan anak muda penderita asperger ini lebih besar dari itu. Sesuatu yang menjadi rahasia ayahnya selama ini.

Membaca buku ini membuat saya seperti menjadi Christopher. Saya bisa melihat melalui matanya. Saya bisa merasakan apa yang ia rasakan. Dan oh ternyata begini menjadi dirinya. Namun ternyata saya kurang sabar menjadi sosok Christopher. Terbukti ketika ia mencoba bercerita tentang soal matematika dan saya akan melewati soal-soal itu sambil lalu tanpa membacanya. Terkadang saya juga keluar dari diri Christopher dan kesal kepada dirinya yang membuat urusan menjadi bertele-tele. Ah, menjadi ia memang tidak mudah. :(

Well, tapi begitulah uniknya buku ini. Brilliant. Mark Haddon, sang penulisnya membuat cerita ini seolah-olah dirinya lah Christopher. Cerita demi cerita yang ia tulis terasa sungguh nyata. Dan satu hal yang ingin saya beritahu. Dalam buku ini ada sedikit catatan penerjemah yakni Hendarto Setiadi tentang isi cerita dari Christopher. Saya sarankan agar para pembaca membaca catatan Pak Hendarto terlebih dahulu agar kalian mendapatkan informasi dasar tentang cerita ini. Kalau menurut saya pribadi sih, catatan pengarang ini lebih bermanfaat jika dibaca lebih dulu sebelum mulai membaca cerita. Kalian akan tahu bagaimana sulitnya menerjemahkan buku ini dan apa yang sebenarnya benang merah dari cerita ini.

Ngomong-ngomong soal Pak Hendarto Setiadi, apakah ia ada hubungannya dengan Agus Setiadi yang sering menerjemahkan buku-buku Astrid Lindgren dan Enid Blyton? Hmm.. #justwondering :D

Ulasan ini untuk:
TBBR Mbak Maria
Lucky No. 14 Mbak Astrid
New Author RC Ren
2 comments on "Kilas Buku: Insiden Anjing di Tengah Malam yang Bikin Penasaran"
  1. Waduh jadi tertarik baca juga >.< *kemudian melirik tumpukan buku*

    ReplyDelete
  2. Toko Buku Online Terlengkap & Terpercaya - GarisBuku.com

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature