Top Social

Kilas Buku: Let Go

|
Judul: Let Go
Pengarang: Windhy Puspitadewi
Genres: Young Adult; Romance
Penerbit: Gagas Media, 2009
Tebal: 224 halaman

Kau tahu apa artinya kehilangan? Yakinlah, kau tak akan pernah benar-benar tahu sampai kau sendiri mengalaminya.

Raka tidak pernah peduli pendapat orang lain. Selama ia merasa benar, dia akan melakukannya. Hingga, suatu hari, mau tidak mau, ia harus berteman dengan Nathan, Nadya, dan Sarah. Tiga orang dengan sifat yang berbeda, yang terpaksa bersama untuk mengurus mading sekolah.

Nathan, si pintar yang selalu bersikap sinis. Nadya, ketua kelas yang tak pernah meminta bantuan orang lain. Dan Sarah, cewek pemalu yang membuat Raka selalu ingin membantunya. Lagi-lagi, Raka terjebak dalam urusan orang lain, yang membuatnya belajar banyak tentang sesuatu yang selama ini ia takuti, kehilangan.. (goodreads)
***
Buku ini sebenarnya punya konsep yang menarik, yakni mengenai perubahan seseorang (remaja) yang pada awalnya tidak peduli, menjadi lebih peduli kepada orang lain. Karakter para tokohnya juga menarik. Dan masing-masing karakter utama memiliki wawasan yang tidak sembarangan buat anak-anak kelas X SMA.

Yah, sayangnya saya menganggap wawasan yang dijejalkan oleh si pengarang untuk para tokoh terasa tidak tepat umur. Ya memang sih ada juga anak-anak yang sejak dini sudah memahami tentang sejarah lebih dari apa adanya. Yang sejak usia dini sudah senang membaca karangan Pramoedya dan sudah senang menggemari Clint Eastwood. Tapi.. ada empat anak kelas X yang seperti ini dalam satu sekolah? Wow, suatu hal yang... superb. Dan, saya melihat keempat tokoh itu sebagai sang pengarang sendiri. Mereka adalah bagian si pengarang yang tahu banyak hal tentang sejarah, sastra dan film. Mereka adalah anak-anak yang 'tuwir'.

Saya tidak bisa bilang jika saya menyukai buku ini. Karena memang tidak. Entah, mungkin karena sebelum membaca saya sudah punya pengharapan yang tinggi sehingga ketika menyelami cerita dan mendapatkan harapan yang tidak sesuai, maka saya pun kecewa.

Terlepas dari itu, saya tetap mempromosikan buku ini bagi mereka yang memang menyukai genre persahabatan dan cinta masa SMA. Mungkin buat anak-anak SMA, boleh juga jika kalian mau baca buku pop ini.

Ulasan ini untuk:
TBBR Mbak Maria
IRRC 2014 Sulis
Lucky No. 14 Mbak Astrid
New Author RC Ren
4 comments on "Kilas Buku: Let Go"
  1. pengen baca buku ini, ini penulis 'Seandainya' ya?

    ReplyDelete
  2. Bagus nih novelnya, gue udah baca. Recomended bgt untuk kalian yang pengen baca novel bertemakan persahabatan

    ReplyDelete
  3. kayaknya dulu aku nagis deh baca buku ini, huhuhuhu *cengeng*
    aku suka quote Windhy yang mbak jleb :)

    ReplyDelete
  4. penulis gagas namanya mirip2 ya... windhy, windry, winna XD tp covernya bagus ya dhil :)

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature