Top Social

Charlotte's Web; Unforgettable

|
Artikel ini merupakan salah satu syarat dalam memenuhi agenda Back to Children's Literature yang diadakan oleh Mbak Maria dan Bzee.

Sejujurnya, tentang bacaan masa kecil yang tak terlupakan, saya hanya ingat segelintir kisah-kisah yang ada dalam majalah Bobo dan Aku Anak Saleh saja. Saya tidak pernah mengenal bacaan dan pengarang anak secara khusus. Ketika besar saja saya mulai mengenal bacaan-bacaan anak yang seru dan menyenangkan dan yang saya sesali mengapa baru mengetahui sekarang-sekarang ini.

Dan jika memang boleh mengungkapkan bacaan (klasik) yang mengesankan, saya akan menyebut Charlotte's Web karya EB White.


Mengapa? Jelas menarik! Cerita mengesankan yang dapat membuat saya tidak tidur karena memikirkan nasih Wilbur dan cerdasnya Charlotte.

Buku ini pantas menjadi bacaan yang tak terlupakan karena White berhasil masuk ke dunia anak-anak dengan jenaka dan apa adanya. Ia dan imajinasinya berhasil membentuk karakter hewan-hewan peternakan (yang nyata ada di sekitar anak-anak) menjadi hewan-hewan yang menakjubkan dan pantas diperhitungkan. Seperti Wilbur yang lucu dan menggemaskan serta selalu ingin tahu. Juga Charlotte, seekor laba-laba yang hampir jarang terlihat menjadi karakter yang tahu banyak hal, unik dan sangat cerdas.

Saya melihat bahwa pak White memfokuskan diri kepada laba-laba atau Charlotte yang memang menjadi tokoh utama dalam buku ini. Lewat Charlotte, White mengenalkan apa itu laba-laba, bagaimana ia membuat jarring, menyantap makanan, bertelur dan hingga telur-telurnya menetas. Hal-hal yang mungkin terdengar sepele, namun sangat menarik bagi anak-anak yang memiliki sifat ingin tahu. Ya kita semua pun tahu jika anak-anak sering bertanya tiada habisnya. Dalam pikiran mereka mungkin saja banyak pertanyaan yang ingin dilontarkan. Dan mungkin saja salah satu dari pertanyaan itu adalah soal laba-laba.

Well, cukup simple kan alasan mengapa Charlotte's Web pantas menjadi bacaan yang tidak terlupakan. Simple namun pas! :)
1 comment on "Charlotte's Web; Unforgettable"
  1. Ini bacaanku waktu kecil, sempat nonton dioramanya, nonton ulang filmnya entah keberapa kali plus versi yang terbaru pula. Lalu akhirnya sempat dapatkan buku aslin edisi khusus ilustrasi Garth Williams (yang buat semua ilustrasi di serial karya Laura Ingalls Wilder)... (^_^)

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature