Top Social

Kilas Buku: Kisah Prince dan Princess Istana 1001 Malam

|
Judul: Kisah Prince & Princess; Istana 1001 Malam
Dikisahkan Ulang oleh: Ryu Tri
Ilustrasi: Nur Cililia
Tebal: 112 halaman
Penerbit: DAR! Mizan
Cetakan: II / 2009
Rating: 3/5
Usia Kelayakan Membaca: 6 tahun


Kisah-kisah para putri dan pangeran dari ranah timur tengah ini berjumlah 30 cerita, yaitu;
  1. Prince Redfish
  2. Princess Adiba
  3. Princess Bunga Lili
  4. Prince Husain dan Djuha
  5. Prince Dehandra dan Princess Syakila
  6. Cincin Princess Qori
  7. Prince Zaki
  8. Princess Budur
  9. Petualangan Tiga Bersaudara
  10. Kalkun yang Pandai Bicara
  11. Princess Dimitri
  12. Mimpi Raja Muhajka
  13. Prince Farja dan Bulu Emas
  14. Khuzaymah
  15. Rakhim dan Sultan
  16. Prince Aray
  17. Princess Arraya dan Prince Riyad
  18. Tuan Karim yang Pemarah
  19. Princess Kembar
  20. Makea dan Tujuh Ekor Gagal
  21. Mawar Emas
  22. Rahasia Permata Ruby
  23. Calon Raja
  24. Dua Raja
  25. Penerus Raja
  26. Dua Jepit Kayu
  27. Princess Nafisah
  28. Si Cantik Jubeinah
  29. Peramal Bertopeng
  30. Princess Rambut Emas
Namun hanya dua dongeng yang akan saya ulas disini;
Princess Dimitri, bercerita tentang seorang putri yang bernama Dimitri. Ia adalah anak dari Raja Mahmud. Di kebun belakang istana terdapat sebuah pohon apel emas dan Putri Dimitri dilarang untuk memetik dan memakan buah apel emas tersebut oleh Raja Mahmud. Namun Putri Dimitri tidak mendengarkan nasehat ayahnya sehingga ia asal memakan buah apel emas itu dengan nikmatnya. Setelah memakan buah tsb, sang putri menghilang dan berada dalam tahanan naga yang amat jahat dan besar. Raja Mahmud yang sedih dengan nasib yang menimpa anaknya langsung menyuruh tiga pemuda yang bernama Bakir, Jafar dan Ahmed. Namun Bakir dan Jafar memiliki sifat yang buruk. Setelah menyelamatkan sang putri, Bakir dan Jafar menjatuhkan Ahmed di lubang naga dengan berharap hadiah lebih dari Raja Mahmud. Akan tetapi niat mereka tidak terlaksana karena Putri Dimitri menceritakan yang sebenarnya. Nilai moral yang terdapat dalam dongen ini adalah agar selalu mematuhi perintah orang tua dan jangan menjadi orang yang tamak juga jahat untuk mendapatkan harta benda.

Princess Arraya dan Prince Riyad, bercerita tentang Princess Arraya, anak dari Raja Syahzan yang berasal dari kerajaan Dravidiya-Persia. Princess Arraya belum menikah karena ia belum menemukan pangeran impiannya yakni yang bijaksana. Namun Raja Syahzan sudah tak sabar ingin segera menimang cucu. Maka Princess Arraya pun mengadakan sayembara dan jika ada seseorang yang dapat menjawab pertanyaan Princess Arraya dengan tepat, maka ia berhak menjadi suaminya. Teka-teki yang dibuat Princess Arraya gampang-gampang susah, ia menumpuk sepuluh kasur dan meletakkan satu biji kacang hijau diatas kasur yang pertama sebelum dilingkupi seprai yang halus dan indah. Semua jawaban para peserta sayembara tidak ada yang tepat menurut Princess Arraya. Namun tibalah giliran Prince Riyad yang mencoba mengikuti sayembara tsb dan menjawab dengan jawaban yang tak biasa. Kagum dengan kecerdasan Prince Riyad, maka Princess Arraya pun memilih Prince Riyad sebagai suaminya. Nilai moral yang terdapat dalam dongeng ini adalah agar menjadi manusia yang cerdas dan bijaksana serta baik hati, karena hal inilah yang akan sangat berguna bagi kehidupan.

Buku ini sangatlah menarik bagi anak-anak (sekitar 5/6 tahun sudah cukup pantas membaca buku ini), khususnya bagi para anak perempuan yang kebanyakan sangat menggemari tokoh-tokoh yang terkait dengan kerajaan, istana dan yang paling penting putri dan pangeran. Tokoh-tokoh tersebutlah yang menjadi poin penting untuk menarik minat anak-anak. Ditambah cerita-cerita yang ada memiliki bobot yang cukup baik dan sarat makna. Sehingga anak-anak yang sudah mampu membaca sendiri mampu mengambil pesan dengan mudahnya tanpa harus dipandu oleh orang tua. Namun akan lebih baik lagi jika memang orang tua ikut andil menjabarkan pesan dan maksud cerita dengan lebih gamblang. Apalagi hal ini akan mengeratkan hubungan antara orang tua dan anaknya kan. :)

***
Ulasan ini diikutsertakan pada FYE; Fun Year Event with Children's Lit: Fun Month 2. Bagi yang ingin ikut serta silakan lihat syarat dan ketentuan disini.
4 comments on "Kilas Buku: Kisah Prince dan Princess Istana 1001 Malam"
  1. Cerita nya sangat bagus ya aku tertarik dengan cerita prinsses arraya

    ReplyDelete
  2. Terima kasih ya resensinya, semoga bermanfaat untuk kawan2 yg lain dan blognya semakin berkembang

    ReplyDelete
  3. Toko Buku Online Terlengkap & Terpercaya - GarisBuku.com

    ReplyDelete
  4. Lain kali bisa nggak ceritakan tentang princess adiba..
    jadi penasaran nih??

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature