Top Social

Kilas Buku: Friend or Fiend?

|

Judul: Friend or Fiend? (Serial The Pain and the Great One)
Pengarang: Judy Blume
Penerbit: Macmillan Children's Books
Cetakan: 2010 (Pertama terbit 2008)
Tebal: 128 halaman
Status: Pinjam dari Perpustakaan Sekolah Alam Bintaro
Rating: 5/5
Usia kelayakan baca: 6 y.o

Ini adalah salah satu buku dari serial The Pain and the Great One. Siapa mereka? Tenang saja, di setiap buku serialnya akan selalu ada pengenalan mengenai yang mana yang disebut the Pain dan yang mana yang disebut the Great One. Jadi, jika kalian baru pertama kali membaca buku ini di pertengahan seri, tidak ada yang akan jadi masalah.

Jake, anak laki-laki kelas 1 SD, biasa dipanggil the Pain (Yang Menyedihkan) oleh kakak perempuannya yang 2 tahun lebih tua darinya, Abigail. Sementara Abigail sendiri biasa dipanggil the Great One (Yang Paling Hebat) oleh Jake karena memang Abigail adalah anak (yang menurut Jake) serba tahu. Kata-kata Abigail yang menjadi favorit Jake adalah;

"I don't think it, I know it!" (p.1)
Nah, serial kali ini berjudul Friend or Fiend (Teman atau Monster?). Buku ini terdiri atas beberapa eerita yang ditulis dengan baik oleh si pengarang melalu sudut pandang Jake dan Abigail (bahkan dari sudut pandang kucing mereka, Fluzzy, sebagai summary akhir buku). Seperti judulnya, cerita-cerita dalam buku ini terkait dengan tema persahabatan dan pertengkaran kecil antar teman, yang tentu saja dari sudut pandang anak kelas 1 dan 3 SD. Seringkali saya tertawa hanya karena membaca ungkapan-ungkapan mereka yang polos dan benar.

Seperti cerita Jake yang mendapat urutan pertama dalam buku ini, dan itulah awal mula perkenalan kata-kata 'fiend' kepada para pembaca yang pastinya anak-anak juga. Kata 'friend' dan 'fiend' hanya berbeda tipis dan orang seringkali salah menyebut 'friend' dengan 'fiend'. Dan itulah yang terjadi pada Jake ketika ia membaca cerita di hadapan teman-teman sekelasnya. Jake yang tidak mengerti dengan kata 'fiend', bingung ketika seluruh temannya tertawa ketika ia salah ucap. Bermula darisanalah Jake paham dengan arti 'fiend' yang bukan sekedar berarti 'friend tanpa r' namun lebih kepada 'lawan kata dari friend'.

Buku ini sangat menyenangkan dan easy-going, khususnya buat para pemula. Saya senang dengan cara Blume menjelaskan bagaimana arti kata yang tidak familiar bagi mereka. Bukan hanya itu saja, Blume juga menggambarkan masalah-masalah yang sangat biasa terjadi pada anak-anak dan bagaimana harus diselesaikan. Tentunya dengan begitu anak-anak akan merasa get-along.

Buku ini cocok dibaca oleh anak-anak usia 6/7 tahun, pun cocok dibaca oleh para orang tua agar mereka lebih memahami apa saja yang kira-kira anak-anak pikirkan ketika menghadapi masalah.

Klik 'show' to read the review in English:
This book is included of the Pain and the Great One Series. Who are they though? Well, the introduction about the Pain and the Great One is discoverable in every books of this series. So don't worry about it.

Jake, or used to be called the Pain by her sister Abigail, is the first grade in the same school with her sister. Then why the Pain? According to Abigail, she calls him the Pain because that's what he is. And the Great One is used by Jake to call her sister. Why then? According to him, it's because she thinks she's so great and likes to say; "I don't think it, I know it" (P.1).

This book's titled Friend or Fiend. And as the title, the stories perform the same idea (about friend and fiend as well though hehe). This book has various stories that written in the Pain and the Great One point of view. It opens with the Pain's story, when he has blunder in reading a story in front of his friends. He reads the word 'friend' with 'fiend' instead. Then all of his friends laugh so badly and it makes him so sad. Then what is the difference between a friend and a fiend?

Blume knows how to introduce unfamiliar words to children through an easy-going stories. I often laugh to read some funny expression from the Pain point of view here. It's so plain and telling the truth. Well, then I very recommend this story to young reader aged 6 years old.

Ulasan ini diikutsertakan pada FYE; Fun Year Event with Children's Lit: Fun Month 2, RC books in English bunda Peni,  Bagi yang ingin ikut serta silakan lihat syarat dan ketentuan disini dan disini.
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature