Top Social

Kilas Buku: The BFG, Raksasa Besar yang Baik

|
The BFG: Raksasa Besar yang Baik
Judul asli: The BFG
Penulis: Roald Dahl
Alih bahasa: Poppy D. Chusfani
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Terbit: Januari 2010
Tebal: 200 halaman
Rating: 3/5

Untuk sementara, mari kita kembali ke masa kanak-kanak. Ada seorang penulis cerita anak-anak yang cukup terkenal bernama Roald Dahl. Penulis berkebangsaan Inggris ini telah menulis beberapa cerita anak, salah satu yang mungkin teman-teman kenal adalah Charlie and The Chocolate Factory. Novel yang akan saya bahas kali ini adalah salah satu karya beliau yang lain, berjudul The BFG atau The Big Friendly Giant.

The BFG bercerita tentang seorang anak bernama Sophie yang tinggal di sebuah panti asuhan. Pada suatu malam, ketika Sophie tidak bisa tidur, ia melihat sosok raksasa yang meniup sesuatu ke jendela-jendela rumah. Si raksasa ini mengetahui bahwa Sophie telah melihat dirinya, sehingga ia membawa Sophie ke negeri para raksasa. Di sana, si raksasa memperkenalkan dirinya sebagai BFG, satu-satunya raksasa yang baik hati di negeri tersebut. BFG bercerita bahwa ia setiap malam mengumpulkan mimpi dan meniupkannya ke orang-orang yang sedang tidur. BFG juga menceritakan bahwa ada raksasa-raksasa lain, jauh lebih besar daripada BFG, yang setiap malam berkeliling dunia untuk memakan anak-anak. Sophie dan BFG akhirnya bekerja sama untuk menghentikan para raksasa lain memangsa anak-anak. Akankah usaha Sophie dan BFG berhasil?

Cerita yang diangkat oleh Roald Dahl penuh dengan fantasi, namun mudah untuk dicerna anak-anak. Ia menceritakan bagaimana perbedaan antara kebiasaan para raksasa dengan manusia secara jenaka. Memang, penyelesaian masalah cukup sederhana karena target pembaca yang memang untuk anak-anak. Saya menjadi terpikir, adakah penulis cerita anak-anak di Indonesia?
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature