Top Social

Kilas Buku: Inkheart (Inkworld #1)

|
Judul: Tintenherz - Inkheart
Penulis: Cornelia Funke
Penerjemah: Dinyah Latuconsina
Paperback, 536 halaman
Gramedia Pustaka Utama, Januari 2009
Rating: 4/5


Sinopsis dari sampul belakang buku:
Ayah Meggie—namanya Mo—memiliki kemampuan ajaib: ia bisa mengeluarkan tokoh-tokoh dari buku yang dibacanya. Sayangnya, kehadiran mereka ternyata harus ditukar dengan manusia-manusia di dunia nyata.

Sembilan tahun yang lalu, Mo membaca Tintenherz. Tanpa sengaja ia memunculkan berbagai tokoh jahat buku itu, dan membuat ibu Meggie lenyap karena masuk ke buku. Capricorn dan Basta, dua tokoh jahat dari buku tersebut, lantas menculik Mo karena ingin Mo memunculkan lebih banyak lagi tokoh jahat dari Tintenherz. Termasuk sang Bayangan, monster menakutkan yang akan bisa membunuh semua musuh Capricorn. Capricorn juga menyuruh Mo mengeluarkan harta dari berbagai buku untuk membiayai kejahatannya di dunia ini.

Maka bermunculanlah tokoh dari berbagai buku, termasuk Tinker Bell dari buku Peter Pan, Farid dari Kisah Seribu Satu Malam, troll, goblin, bahkan si prajurit timah.

Situasi makin rumit karena Meggie ternyata memiliki kemampuan yang sama dengan ayahnya!


Review:
Sudah sejak lama saya mendengar buku ini. Bahkan sudah sejak lama pula sepertinya saya melihat kilasan buku ini. Namun sayangnya saya hanyalah seorang pembaca awam yang tidak menghargai munculnya sebuah buku bagus, sehingga tidak berusaha sedikitpun untuk mencari tahu bahkan membeli buku ini. Saya juga sempat tidak membaca buku selama 2/3 tahun. Parah!

Dan pada akhirnya saya memang ditakdirkan membaca buku ini. Pada akhirnya! Dan saya mendapatkan ide-ide brilliant muncrat dari buku ini begitu saja. Sempat saya merasakan ketakutan, apakah bisa jadi saya punya kemampuan seperti Meggie yang mampu memunculkan segala tokoh yang berasal dari cerita yang ditulis dengan tinta hitam. Kalau begitu ia dan Mo bisa jadi dijuluki si Lidah Pahit (selain si Lidah Ajaib tentu saja). Saya pernah membaca suatu cerita rakyat tentang seseorang yang dijuluki si Lidah Pahit yang setiap kata-katanya bisa berubah menjadi kenyataan. Ya mungkin tidak sama, tapi mirip.

Petualangan yang tidak biasa ditawarkan Funke. Dan wanita ini benar-benar tahu bagaimana menggunakan pengetahuannya tentang buku untuk mengait-ngaitkan cerita yang satu dengan yang lainnya seolah-olah cerita itu adalah satu kesatuan. Inkheart menawarkan twist yang indah bagi para pembaca muda. Cocok untuk dibaca kalangan muda yang berusia  > 13 tahun.

Ulasan ini diikutsertakan pada FYE; Fun Year Event with Children's Lit: Fun Month 3 oleh Bzee, Read Big Mbak Dessy di Ngidam Buku dan New Authors RC oleh Ren. Bagi yang ingin ikut serta silakan lihat syarat dan ketentuan disini, disini dan  disini.
3 comments on "Kilas Buku: Inkheart (Inkworld #1)"
  1. Coba nonton filmnya juga Mbak. Banyak yang beda tapi tetep seru!

    ReplyDelete
  2. wahh,, reviewnya keren.. jadi penasaran sama buku ini :)
    covernya juga bagus..

    btw, salam kenal ya, Kak. ^^

    ReplyDelete
  3. Toko Buku Online GarisBuku.com
    081310203084 - 02194151164
    Email : office@garisbuku.com
    Jln.kayumanis - Kota Depok

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature