Pages

10.01.2017

Kilas Buku: Arwah di Sekolah (Suddenly Supernatural #1)


Kehidupan Kat Roberts tidak pernah seperti kehidupan remaja lainnya. Memiliki seorang Ibu yang berprofesi sebagai cenayang tentu bukan topik yang asyik dapat dibicarakan, apalagi dibanggakan. Sayangnya kemampuan cenayang Ibu Kat dapat menurun kepada Kat sendiri. Dan benar saja, pada usianya menginjak 13 tahun, Kat mampu melihat arwah-arwah orang mati, dan bahkan dapat mendengarnya. Hal ini membuat Kat semakin tertekan karena ia hanya ingin hidup normal.

Kehidupan Kat di sekolah juga tidak kalah menyedihkan. Sebagai murid yang baru pindah tentu saja akan sulit memiliki banyak teman dalam waktu singkat. Kecuali jika kau terlahir sebagai anak yang cantik dan mudah dicintai, tentu saja hal itu akan sangat mudah membuatmu populer. Tapi Kat tidak pernah akan jadi seperti itu. Kat sudah lebih dulu merasa insecure dengan identitas keluarganya, apalagi ia memiliki masalah suram yang membuatnya harus bertahan hidup.

Suatu ketika ada seorang siswa baru lagi di sekolah Kat. Jac, nama siswa baru itu, punya segudang hal yang bisa saja membuatnya populer dan lekas memiliki banyak teman atau segera bergabung dengan geng cewek populer lainnya. Sayang, Jac lebih memilih menyembunyikan itu semua sampai ia bertemu Kat dan mereka berdua menjadi sahabat baik selamanya.

Sepertinya pengalaman menakjubkan Kat tidak akan berhenti pada satu hal saja. Setelah ia mendapatkan penglihatan dunia lain dan berteman dengan Jac, Kat mendapatkan pengalaman berkomunikasi dengan arwah pertamanya. Hal ini terjadi di perpustakaan sekolah ketika ia dan Jac akan mengerjakan proyek Biologi. Sosok gadis dari dunia lain muncul dan mencoba berbicara dengan Kat. Kat ketakutan, bukan pada arwah melainkan pada apa yang akan terjadi dengan persahabatannya dengan Jac. Ia sangat takut jika Jac tahu dirinya adalah cenayang, apakah Jac akan tetap mau berteman dengannya?

Sayangnya pertemuan dengan arwah gadis di perpustakaan itu berulang terus di hari-hari berikutnya. Malah ada entitas gaib yang lebih kuat daripada gadis hantu itu. Kira-kira bagaimana ya keputusan Kat? Akan tetap berpura-pura hidup sebagai remaja yang normal, atau melanjutkan yang sudah menjadi keharusannya, membantu sang arwah menyelesaikan masalahnya?

Aku suka banget buku ini. Meskipun topiknya lumayan menyeramkan, dan mungkin kadang ada yang merasa ini berat, si pengarang berhasil menuliskannya dengan ringan khas anak remaja. Mungkin karena tokohnya adalah ABG, sehingga dunia yang harus dituliskannya haruslah juga seputar dunia remaja. Alih-alih seram (yah kadang seram juga sih, sedikit), kalian akan menemukan cerita hantu yang asyik penuh misteri.

Sayangnya saya menemukan beberapa typo yang mengganggu, seperti nama Jac, yang terkadang tertulis menjadi Jack. Tapi secara keseluruhan terjemahannya menarik dan enak dibaca.

Data buku

Judul: Arwah di Sekolah (Suddenly Supernatural #1)
Judul asli: School Spirit (Suddenly Supernatural #1)
Pengarang: Elizabeth Cody Kimmel
Alih bahasa: Barokah Ruziati
Tebal: paperback, 217 halaman
Penerbit: Atria, 5 Februari 2011 (pertama kali terbit 2008)


No comments:

Post a Comment