Top Social

Kilas Buku: Then & Now: Dulu & Sekarang

|

Arleen A. nulis novel yang non-anak-anak? Wah ini saya baru tahu, ditambah lagi ternyata sudah ada dua novel yang terbit sebelum judul baru yang akan saya bahas ini. Arleen A. salah satu penulis cerita anak masa kini yang saya kagumi. Cerita-ceritanya menarik, didukung dengan gambar-gambar yang bagus hasil karya animator lokal yang mumpuni. Alasan itulah yang membuat saya ingin membaca Then & Now: Dulu & Sekarang.

Ruita adalah gadis dari suku Momoki, yang juga disebut suku telinga pendek. Sementara itu Atamu adalah pemuda dari suku Eepe, biasa dikenal sebagai suku telinga panjang. Meski dari suku yang berbeda, Ruita dan Atamu memiliki takdir yang bersilangan. Mereka jatuh cinta satu sama lain. Sayangnya, bagai Romeo dan Juliet, mereka tidak pernah boleh bersatu. Apakah usaha Atamu untuk membuat Ruita tetap bersamanya akan berhasil?

Rosetta dan Andrew hanyalah manusia biasa saja yang saling jatuh cinta. Yang tidak biasa adalah cara mereka bertemu dan jatuh cinta. Andrew hanyalah concierge di sebuah hotel milik keluarga Rosetta. Dan mereka bertemu di lift hotel ketika Andrew bertugas sebagai pemandunya. Memang tidak ada yang pernah memahami bagaimana cara cinta bekerja. Hanya dengan lift dan tatapan mata sepertinya sudah mampu mengundang dewa cupid melesatkan anak panahnya.

Dua kisah cinta ini ada dalam buku yang sama. Yang pertama terjadi jauh sebelum zaman milenium dan di tempat yang jauh sekali. Yang terakhir terjadi pada masa kini di salah satu kota di Amerika. Yang saya tangkap adalah Rosetta dan Andrew merupakan reinkarnasi dari Ruita dan Atamu, maka wajar jika mereka dengan mudahnya jatuh cinta dengan cara yang hampir sama.

Saya senang dengan cerita Mbak Arleen ini, mengingat ini juga pertama kalinya saya membaca novel (bukan cerita anak) karyanya. Malah pada awalnya saya mengira ini adalah novel fantasi karena cerita diawali dengan kisah Ruita dan Atamu dan latar belakang yang unik. Sayangnya saya salah. Latar belakang Ruita dan Atamu sesungguhnya disandarkan pada pulau dan suku yang ada di sisi jauh benua Amerika.

So, cerita Then & Now sebagian besar fokus kepada Rosetta dan Andrew. Kisah romansa kontemporer yang lumayan bikin gemes. Kadang saya ndak sadar kalau kisah mereka dibikin oleh pengarang Indonesia, soalnya rasanya terjemahan banget. Dan lagi, gak ada typo seperti yang sering saya temukan di novel-novel penerbit yang sama. Ah, thanks to the editor, Mbak Dinoy!! :)

Tetapi...

Tetapi, sebagai pembaca, saya ndak bisa move on dari kisah Ruita dan Atamu. Saya malah lebih suka jika Mbak Arleen menulis tentang kisah mereka saja, ndak usah di-twist dengan kisah cinta lain. Memang sih latar belakang didasari kepada Pulau Rapa Nui dan suku Eepe dan suku Momoko di belahan benua Amerika Latin sana. Tapi menurutku (imho ya) tak ada salahnya kisah dikembangkan lebih luas lagi.

Karena aku udah terlanjur penasaran dengan kisah masa lalu Tame Maneki dan suaminya yang berasal dari suku telinga pendek. Rasanya kok lebih menarik ya. Mungkin karena Ruita dan Atamu tinggal di daerah yang unik, dengan kebudayaan yang juga unik. Sementara Andrew dan Rosetta tinggal di kota besar yang sering kita jumpai di banyak cerita.

Tetapi, saya tetap memberi apresiasi yang bagus untuk Then & Now. 3,5 bintang. :)

Nb. Buku ini cocok lho dibaca sebagai selingan di waktu luang.


Data buku

Judul: Then & Now: Dulu & Sekarang
Pengarang: Arleen A.
Editor: Dini Novita Sari
Tebal: paperback, 334 halaman
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, 2017
ISBN: 9786020351285
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature