Pages

5.23.2017

Kilas Buku: Coppelia


Nefertiti adalah seorang gadis cantik yang pendiam dan pemalu. Ia sering dianggap aneh oleh teman-teman sekolahnya. Apalagi ia juga lebih senang bersahabat dengan anak perempuan yang menderita keterbelakangan mental yang tinggal di seberang rumahnya. Nefertiti semakin tertekan karena ia diharuskan pandai menari ballet seperti ibunya. Ketika ia mulai mencintai ballet, rasanya seperti ada yang hilang. Cintakah? Atau apa?

Oliver, seorang cowok yang sebaya dengan Nefertiti. Ia mencintai Nefertiti karena sering melihat gadis itu dari dalam rumahnya. Ya, Nefertiti memang adalah tetangga dekat Oliver, hanya saja mereka berdua pura-pura tidak saling tahu atau kalaupun tahu, mereka tidak mau repot-repot menyapa. Ketika mereka dewasa, Oliver merasa harus mengungkapkan perasaannya kepada Nefertiti. Sayangnya gadis itu masih berkutat dengan satu hal yang tidak bisa ia lupakan begitu saja: Cinta ibunya.

Coppelia, yang dijadikan judul untuk cerita ini, adalah nama dari boneka ciptaan Dr. Coppelius yang pandai menari. Sebenarnya ini adalah salah satu judul untuk tarian ballet, yang pertama kali dipertunjukkan tahun 1870. Jadi, cerita ini memang masih ada sangkut pautnya dengan ballet.

Metropop yang satu ini bukan metropop biasa. Kisah yang disajikan bukanlah melulu soal cinta antara laki-laki dan perempuan, namun juga cinta antara anak perempuan dan ibunya. Digambarkan, yang menjadi konflik, hubungan antara Nefertiti dan ibunya tidak pernah berjalan mulus hingga akhir cerita. Nefertiti masih terganjal dengan pertanyaan apakah ibunya benar-benar mencintai dirinya, atau justru menyesal telah melahirkannya. Usut punya usut hal ini masih ada hubungannya dengan masa lalu sang ibu. Mungkin jikalau Nefertiti mengetahuinya, ia akan mengerti.

Saya suka dengan cerita Coppelia, meski tidak terlalu tebal, kisahnya merupakan kisah cinta yang bermutu, apalagi temanya tentang cinta ibu dan anak.

Tiga bintang untuk novel ini.

Data buku
Judul: Coppelia
Pengarang Novellina A.
Tebal: 192 halaman
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, Cetakan I, 9 Juli 2015

No comments:

Post a Comment