Pages

4.10.2017

Randall Munroe the XKCD Author

xkcd.com: Bookshelf

Hai readers, sudah lama saya tidak menulis artikel sungguhan (non-resensi) di blog ini. Nah tema yang akan saya bahas adalah tentang penulis yang belum pernah saya baca bukunya. OK, lanjut ya.

Randall Munroe. Siapa yang tidak kenal Randall Munroe. Kebanyakan nerd, tentu saja kenal dengan Randall Munroe. Ia adalah seorang ilmuwan yang pernah bekerja di NASA. Pada tahun 2005-2006 ia memutuskan untuk menulis komik bertemakan sains, matematika, fisika, bahasa, dan bahkan romansa di websitenya yang bernama xkcd.com. Komiknya kebanyakan serius namun seringkali terselip unsur komedi.

Randall Munroe akhirnya menulis sebuah buku (di luar xkcd tentunya), berjudul "What If".  Saya sudah pernah mengulasnya di sini.

What If
"What If" seperti yang saya bahas di blog ini, adalah sebuah buku berisi jawaban-jawaban serius atas pertanyaan konyol. Kadang pertanyaan konyol itu punya sisi menarik untuk dibahas. Dan jenius, Randall memiliki segudang jawaban bagus untuk dijabarkan.

Randal Munro
Mungkin sebagian pembaca tidak mau mencoba "What If" karena takut tidak mengerti. Well, kalian tidak perlu membaca keseluruhan isinya. Cukup telusuri pertanyaan yang jawabannya benar-benar ingin kalian ketahui, Atau jika masih tidak ingin, kalian dapat mencoba membaca komik xkcd. Isinya sama saja sih, sama-sama serius. Tapi setidaknya kalian akan terhibur dengan gambarnya yang hanya berupa guratan dan sisi komedi yang terselip dalam komik. Bagaimana?

Saya merasa senang sekali memiliki dan pernah membaca buku "What If" tahun ini. Rasanya keren saja, walau tidak mengerti banyak. :D

Kalau kalian, buku karangan siapa yang pertama kali dibaca tahun 2017 ini?

#BBIHUT6 credit: Anastasia

5 comments:

  1. Wahh, komiknya lucu. Jadi bikin penasaran :"
    Kalau aku sendiri, di tahun 2017 ini buku yang pertama kali kubaca adalah Animal Farm karya George Orwell. Dan berakhir aku suka banget karena alegori politiknya benar-benar menarik. Mau baca 1984, tapi masih mikir-mikir lagi karena bahasanya menurutku lebih rumit dari Animal Farm.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata puji udh baca yah wkwkw.. baca what if deh puji.. hihi

      Delete
  2. ya ampun aku ngga kenal juga Dhil sama author inii XD Lumayan nambah nama author baruu..

    ReplyDelete
  3. Wah! Itu komiknya menarik sekali! Dan barusan baca review mengenai What If diblog ini malah bikin tambah penasaran!

    Menjawab pertanyaan: "Kalau kalian, buku karangan siapa yang pertama kali dibaca tahun 2017 ini?"

    Aku baca The Girl On The Train-nya Paula Hawkins. Reviewnya juga sudah pernah kuposting di blog:
    https://pelahapkata.wordpress.com/2017/01/08/the-girl-on-the-train/

    ReplyDelete