Pages

4.11.2017

Kebosanan dalam Membaca

BOSAN!

Membaca adalah suatu hobi yang menarik bagi para kutu buku. Tentu saja karena membaca punya banyak sisi yang menguntungkan seperti hiburan, pengetahuan, dan ketenangan. Tapi kadangkala ada masa bagi kutu buku mengalami kondisi jenuh dalam membaca. Duh!

Kok bisa jenuh ya? Padahal membaca itu menyenangkan lho. Well, kita kan juga tidak tahu kapan akan diterpa rasa bosan. Ada beberapa kemungkinan yang saya kira dapat menyebabkan kebosanan membaca:

  1. Membaca buku dengan genre yang sama secara terus menerus. Berlaku juga untuk buku-buku dari serial yang sama. Saya pernah membaca buku serial Inkdeath dalam satu minggu penuh. Selepasnya saya seperti hangover dan ogah menyentuh buku. :D
  2. Membaca buku dengan target. Terkadang, target atau tantangan dapat juga membuat kita jenuh lho. Ya itu karena kita hanya fokus ke pemenuhan targetnya, bukan terhadap kesenangan membacanya. Saya juga pernah mengalami hal ini.
Bagaimana? Kalian juga merasakan hal yang sama? Atau punya pendapat lain? Boleh berbagi pengalaman dalam kolom komentar. :)

How to overcome it

Banyak cara untuk mengatasi kebosanan dan banyak cara juga untuk tetap membiarkan kebosanan itu. Namun yang kita inginkan sekarang adalah cara mengatasinya bukan? Nah, kalau pendapat saya sih sbb:
  1. Kuatkan niat. Kalau kamu yakin membaca adalah salah satu hobi yang produktif dan memberi pengetahuan, maka teguhkanlah keyakinan itu.
  2. Ambil jeda untuk tidak membaca beberapa lama. Dan pada masa itu, gunakanlah waktu untuk melakukan banyak hal yang menyenangkan untuk menyegarkan pikiran. Contonya: nonton film (film yang dari buku bagus-bagus tuh), jalan-jalan, piknik, dll.
  3. Setelah jeda, mulai membaca lagi dengan buku yang ringan atau buku pilihan dari hati. 
  4. Selama beberapa waktu, ikuti saja kata hati ketika membaca. Misalnya, jika hatimu hanya ingin membaca saja tanpa membuat resensinya, maka lakukanlah. Hal ini supaya niat dan semangat membacamu tidak langsung kendor lagi.
  5. Nah kalau sudah beberapa lama proses membaca suka-suka dilakukan, kamu boleh banget ambil target dan tantangan membaca lagi. Kali ini dilakukan dengan santai saja ya. Maksudnya jangan terlalu ngoyo dengan hasil. Kalau memang kamu baru selesai baca buku berat, selingin saja dengan satu buku ringan atau kegiatan non buku yang menyegarkan pikiran seperti yang saya sebutkan di atas. :)
Nah, bagaimana? Punya pendapat atau pengalaman lain? Dipersilakan sekali lho berbagi pengalaman di kolom komentar.

OK, terus semangat membaca ya. :)




6 comments:

  1. Pantesan kadang ngerasa bosan, ternyata karena baca genre yang sama terus menerus, wkwk.. Baru sadar setelah baca postingan ini..

    Selain 5 hal yg kakak tawarkan utk menghilangkan rasa bosan, aku juga sering ngajak temen baca buku bareng. Biasanya kalo ada temen baca, semangat utk baca jadi meningkat krn efek kompetisi, wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, boleh juga tuh baca bareng. biar semangat ya. abis itu kita share dan diskusi bukunya bareng temen. nice! :)

      Delete
    2. Iyaaaa.. Kalo baca dan didiskusikan rasanya bacaan itu lebih bermanfaat dan lebih lama diingat kesannya.

      Delete
  2. Biasanya saya bosan baca buku itu karena... genrenya yang uda terasa ga nyaman di saya. Seperti sekarang, lagi butuh pelarian dari buku2 romance yang menurut saya uda mulai menjenuhkan

    ReplyDelete
  3. Kalau aku mulai bosen, biasanya aku jeda beberapa hari, pernah seminggu ga baca buku sama sekali...setelah itu mulai kangen, dan balik lagi deh baca buku :)

    ReplyDelete
  4. Kalo bosan baca buku, biasanya saya baca komik wkwkwk eh sama-sama masih buku ding ya.

    ReplyDelete