Pages

4.12.2017

Berkenalan dengan Irfa Hudaya


Irfa Hudaya
Hai readers, sekarang saya mau posting hasil interview saya sama Mbak Irfa Hudaya nih. Ada yang sudah tahu siapa Mbak Irfa? Mungkin sebagian pembaca sudah ya. Baru beberapa waktu yang lalu sepertinya saya ngadain blogtour novel (memoar) Mbak Irfa yang berjudul "Ya Allah Aku Rindu Ibu". Ada yang pernah ikutan? Atau malah ada yang menangin bukunya?

Mbak Irfa adalah seorang penulis asal Magelang, Jawa Tengah. Ia adalah penulis "Ya Allah Aku Rindu Ibu" yang pernah saya ulas di sini. Penulis kelahiran 5 April ini sudah menyukai buku sejak kecil. Ia bahkan sudah menerbitkan beberapa buku. Yuk mari langsung saja kita kulik lebih lanjut sosok Mbak Irfa. :)

Q: Halo mbak Irfa, apa kabar? Mbak Irfa kan penulis nih, sebelumnya apa memang punya hobi membaca? Karena katanya kalau mau jadi penulis harus suka baca dulu?
I: Alhamdulillah sehat mbak. Saya dari kecil suka membaca karena Ibuk alm membiasakan saya membaca. Saya ingat waktu SD kelas satu, saya sudah mulai bisa membaca dalam hati, sehingga saat SD teman-teman sekelas baru belajar membaca, oleh wali kelas saya diberikan bacaan dari perpustakaan. Setiap pulang sekolah saya meminjam buku di perpustakaan sekitar lima buku. Kalau istirahat teman-teman saya jajan, saya lebih tertarik membaca si perpustakaan. Bahkan sampai bel masuk berbunyi saya masih di perpustakaan. Oleh wali kelas saya sering dibiarkan di perpustakaan bahkan pernah sampai bel pulang sekolah saya masih saja baca di perpustakaan. Semakin besar, bacaan saya makin beragam. Namun ketertarikan saya cuma pada buku-buku fiksi.

Q: Wah senangnya ya punya perpustakaan yang aktif. Dulu perpustakaan di SD saya tidak terlalu aktif begitu.Ngomong-ngomong genre dan bacaan apa yang jadi favorit?
I: Saat saya masih kuliah saya sangat suka buku-buku Sydney Sheldon dan John Grisham. Namun semakin dewasa saya lebih menyukai genre drama romance.

Q: Kalau pengarang favorit ada mbak? Biasanya penulis punya jagoan yang dijadikan referensi.
I: Penulis favorit saya mb Ifa Afianty. Saya mengagumi cara beliau crafting words. Pilihan diksinya keren. Selalu penuh dengan pesan moral. Dan hebatnya, pesan moral itu disampaikan dengan smooth, tanpa menggurui, renyah dan ringan. Beliau sangat mempengaruhi gaya menulis saya.

Q: Boleh diceritakan kapan pertama kali menulis? Dan kapan pertama kali karyanya dimuat atau diterbitkan?
I: Saya mulai menulis cerita ketika kelas 5SD. Saat itu ada tugas mengumpulkan cerita dari media massa, saya menulis sendiri sebuah cerita. Saya remake kisah cinderella jadi versi jawa. Mulai SMP, setiap kali jenuh dengan pelajaran, saya menulis cerpen di buku catatan. Semua buku catatan di halaman terakhir selalu ada cerpen yang tak jadi. Duduk di bangku SMA,kegemaran saya menulis cerpen makin menjadi. Semua buku catatan selalu ada satu cerpen yang saya tulis saat bosan dengan pelajaran. Dan efeknya, saya nggak berprestasi sama sekali saat SMA. Saya mengirimkan cerpen ke Majalah Aneka Yes, saat SMA, dan alhamdulillah itu pertama kali karya saya dibaca orang lain.

Q: Sudah ada berapa buku yang ditulis Mbak Irfa?
I: Kalau naskah saya sudah ngerjain 10 naskah, Ada 3 buah buku antologi, 2 buah buku keroyokan, buku solo ada 3, 2 novel, 1 memoar, lainnya antri terbit.

Q: Tahun ini apakah ada karya baru yang mau terbit? Bisa diceritakan tentang apa?
I: Insya Allah Novel Biografi istri nabi akan terbit tahun ini.

Wah terima kasih banyak ya Mbak Irfa atas kesempatannya. Semoga semakin banyak karya yang bisa diterbitkan.

Nah guys, untuk kali ini segitu saja sesi ngobrol bareng Mbak Irfa. Kapan-kapan insya Allah kita akan ngobrol lagi. Buat kalian yang senang dengan genre drama-religius, karya-karya Mbak Irfa bisa jadi pilihan nih. Apalagi tadi Mbak Irfa sudah ngasih bocoran soal buku berikutnya yang akan terbit yaitu tentang biografi istri Nabi Muhammad SAW.

credit: Anastasia

6 comments:

  1. Subhanallah, buku bigorafi istri nabi? Sepertinya menarik sekali, ya. Sukses untuk Mba Irfa

    ReplyDelete
  2. Saya tunggu bukunya Mba Irfa..sukses terus :)

    ReplyDelete
  3. Salam kenal dan sukses buat mbak Irfa. Saya juga suka sama tulisan Ifa Afianty di novel Home. Salut untuk para penulis inspiratif gini.

    ReplyDelete
  4. Salam kenal Mba Irfa...sukses dengan karya - karya selanjutnya :D

    ReplyDelete
  5. Wah, luar biasa.. Sejak kecil udh suka baca dan nulis, apalagi lebih milih ke perpus pas istirahat.
    Btw,Aku juga suka John Grisham tapi baru bisa baca satu bukunya, Pelican Brief #curhat..

    ReplyDelete
  6. aku kenal mba irfa karena kita 1 grup di gandjel rel, memang ibu yang berprestasi nih

    ReplyDelete