Pages

3.19.2017

Kilas Buku: Kumpulan Dongeng Terlezat Sedunia



Pernah membaca dongeng tentang makanan? Tentunya tidak sesering dongeng yang berlatarbelakang kerajaan Eropa yang selalu diisi dengan peran raja, ratu, kesatria, dan rakyat biasa ya. Nah, kini ada dongeng yang dikarang oleh pengarang asli Indonesia dengan inspirasi dari berbagai makanan lezat di seluruh dunia.

Ada 15 dongeng dalam novel setebal 254 halaman ini. Semuanya asyik, indah, dan juga lezat tentunya hihi. Ada beberapa cerita yang saya sukai yakni: Istana Onde-Onde, dan Selusin Mangkuk Roti Asam.

Kena batunya

Istana Onde-Onde bercerita tentang seorang penyihir yang bernama Tinuk. Ia ingin sekali memanen pohon singkong dan memakannya. Sayang, pohon-pohon singkong hasil sihir sangatlah galak. Pohon singkong hanya mau dipanen oleh anak-anak manusia. Maka penyihir Tinuk meniru penyihir Eropa yang memancing anak-anak kecil dengan rumah kue jahe. Ia pun menyihir gubuk jeleknya menjadi istana onde-onde. Dua anak bernama Ulung dan Gendis pun datang ke istana Onde-onde dan menyantapnya dengan senang hati. Penyihir Tinuk pun sudah tak sabar ingin memperbudak anak-anak itu supaya mematuhi perintahnya.

Tak dinyana, Ulung dan Gendis tidak menyukai onde-onde instant hasil sihir. Rasanya hambar dan masih mentah. Tak percaya, penyihir Tinuk pun memakan semua onde-onde sihirnya. Dan yang terjadi adalah.... :D

Kreatif

Selusin Mangkuk Roti Asam, bercerita tentang Bitte yang selalu kelelahan karena mencuci peralatan masak yang selalu menumpuk. Suatu ketika paman dan keluarganya akan datang bertandang dan makan malam bersama mereka. Bitte sebal karena akan mencuci piring lebih banyak dari biasanya (yang juga selalu banyak), Nah, ketika membantu adiknya membuat roti, ia pun mendapat ide untuk membentuk adonan roti menjadi bulat alih-alih lonjong. Nah selanjutnya, apa ide itu akan berhasil?

Variatif

Dongeng yang satu ini dapat menjadi pilihan para orang tua dan anak. Apalagi dibuat oleh pengarang asli Indonesia lho. Tentunya gak kalah menarik kan dengan dongeng karangan pengarang luar negeri. :)

4-5 bintang dari saya untuk buku ini.

Informasi buku

Judul: Kumpulan Dongen Terlezat Sedunia
Pengarang: Ernita Dietjaria
Ilustrasi: Arine Natasha, Clay Studio, Melani Putri, Winda Yunnal
Tebal: paperback, 254 halaman
Penerbit: Bhuana Ilmu Populer, 2015

1 comment:

  1. Kesegaran baru nih ada buku dongeng lokal yang mengangkat makanan dalam negeri. Menambah ragam bacaan untuk anak-anak tentunya :)

    ReplyDelete