Top Social

Kilas Buku: James and the Giant Peach

|
Judul: James dan Persik Raksasa
Judul Asli: James and the Giant Peach
Pengarang: Roald Dahl
Alihbahasa: Poppy Damayanti Chusfani
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: I / September 2006
Rating: 3/5
Rentang Usia: 8 tahun

James awalnya hidup bahagia dengan ayah ibunya yang sangat menyayanginya. Ia tinggal di rumah cantik di pinggir pantai. Tiba-tiba segalanya berubah ketika seekor badak besar lepas dari kandang dan menelan kedua orang tua James.

James yang malang kemudian harus tinggal dengan kedua bibinya yang jahat, Bibi Sponge yang gendut dan Bibi Spike yang kurus kering. James dipukuli dan disuruh ini itu hingga ia tak tahan dan menangis seharian. Kemudian datanglah laki-laki aneh yang memberinya sekantung bibit hijau aneh dan menyuruhnya merebus bibit-bibit itu agar keajaiban muncul untuknya. Namun belum sempat ia merebus, ia malah menjatuhkan semua isi kantungnya kemana-mana dan menghilang dibawah tanah dan juga jari-jemari tangannya. James menangis lagi menyesali tingkah bodohnya. Namun ternyata bibit hiaju itu mempengaruhi pohon buah persiknya yang tumbuh menjadi besar dan besar, begitu juga dengan buahnya, ditambah para serangga di sekitarnya.


Setelah itu, kau tau apa yang terjadi. James menjalani petualangan hebat bersama para serangga yang bermutasi gen itu dengan tinggal di dalam buah persik yang amat besar. Lalu apalagi? Silakan lanjutkan baca sendiri :)

Nilai moral yang ada dalam buku ini adalah agar orang dewasa memperlakukan anak kecil dengan sebaik-baiknya. Jangan biarkan ia bersedih dan merasa sendirian. Dalam buku ini diceritakan James tidak boleh bermain sama sekali dan ia hanya boleh memandang keluar dari dalam pagarnya. James merasa nelangsa dan amat sedih. Kesenangan bagi anak kecil adalah ketika mereka bersama dengan orang yang menyayangi mereka dan melakukan hal-hal yang bersifat menarik dan berpetualang.

Buku ini cocok dibaca oleh anak-anak yang berusia 8 tahun. :)
**
Ulasan ini diikutsertakan pada FYE; Fun Year Event with Children's Lit: Fun Month 4 oleh Bzee dan Read-a-long with Roald Dahl oleh Hobby Buku. Bagi yang ingin ikut serta silakan lihat syarat dan ketentuan disini dan disini.
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature