Top Social

Kilas Buku: Semester Terakhir di Malory Towers

|

Semester Terakhir di Malory Towers
Pengarang: Enid Mary Blyton
Alihbahasa: Djokolelono
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: ke-10, 2010
Tebal: 240 halaman
Harga: Buku ini pinjam dari Mbak AS Dewi
Usia layak baca:  mulai usia 8 tahun

Tahun ini adalah tahun terakhir Darrel bersekolah di Malory Towers. Ia dan kawan-kawan kelas enam yang ada di Menara Utara berpisah kamar. Kini Darrel dan Sally menjadi teman sekamar karena mereka akan mempersiapkan diri untuk ujian masuk universitas. Selain mereka, Alicia, si anak jahil yang cerdas itu juga turut mempersiapkan diri untuk masuk kampus yang sama tahun depan.

Lalu ada apa pada tahun terakhir Darrel ini? Banyak. Buku kali ini tidak lagi fokus kepada kegiatan Darrel dan kelas enam, namun juga pada kegiatan Felicity (adik Darrel) dan anak-anak kelas dua. Lagi-lagi kita para pembaca diingatkan bahwa Malory Towers bukanlah sekedar sekolah yang hanya menyampaikan pelajaran namun juga nilai-nilai kehidupan. Hampir semua siswi Malory Towers terbentuk dengan baik dan menjadi perempuan yang tidak hanya cerdas dalam pelajaran namun juga berkepribadian baik setelah ia lulus dari sekolah berasrama ini. Tetapi tidak semua siswi mudah dibentuk, ada beberapa yang sangat sulit untuk diubah sifat dan sikapnya seperti Gwen. Dan bagaimana kabarnya pada tahun terakhirnya ini? Apakah ia berhasil menjemput impiannya untuk memasuki sekolah bergengsi di Swiss? Ataukah ada hal lain yang menantinya? Yang jelas Buku terakhir ini merupakan penutup bagi kisah para siswi yang bersekolah di Malory Towers, khususnya Darrel. Saya pribadi terkesan (lagi!) oleh pengalaman Darrel dkk yang dapat kita baca dengan leluasa dalam serial ini. Terima kasih Blyton. Terima kasih Mbak Dewi atas pinjaman bukunya. :)

Ulasan ini diikutsertakan pada FYE; Fun Year Event with Children's Lit: Fun Month 2 oleh Bzee dan Read-a-long with Enid Blyton oleh Hobby Buku. Bagi yang ingin ikut serta silakan lihat syarat dan ketentuan disini dan disini.

1 comment on "Kilas Buku: Semester Terakhir di Malory Towers"
  1. Malory Towers ini salah satu favoritku dibandingkan St. Clare atau Si Badung yang temanya sama 'Boarding School' karena problematik dan lebih kompleks. Dan seperti biasa setelah baca buku terakhir rasanya gimana gitu, pengen balik lagi ke semester pertama :D Thanks for joining this event :D

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature