Pages

11.01.2017

Kilas Buku: Cinder (The Lunar Chronicles #1)


Cinder adalah seorang cyborg, manusia yang beberapa bagian tubuhnya sudah disambungkan dengan mesin. Seperti kebanyakan cyborg, Cinder dipandang sebelah mata oleh orang-orang normal. Ditambah lagi ia tidak punya orang tua sehingga harus bergantung kepada perwalian ibu tirinya yang terus menerus meratap tentang nasibnya yang miskin harta. Ia menyesali mengapa suaminya harus lebih peduli kepada Cinder daripada kedua anak kandungnya sendiri.

Cinder harus bekerja sebagai mekanik untuk memenuhi kebutuhan seluruh keluarganya. Tidak satupun dari ibu tiri atau kedua saudara tirinya yang bekerja. Berkat usahanya yang keras, Cinder berhasil menjadi mekanik perempuan profesional yang paling terkenal di New Beijing. Suatu ketika pangeran Kaito, calon pewaris tahta kekaisaran Persemakmuran Timur, datang kepada gadis mekanik itu dengan androidnya yang rusak. Ia berharap androidnya dibetulkan segera.

Di sisi lain, kerajaan Luna menunggu waktu yang tepat untuk menjajah Bumi. Ratu Levana yang memerintah Bulan, sangat ingin menikahi Pangeran Kai supaya dapat menguasai Bumi dengan mudah. Ia melakukan segala cara mulai dari manipulasi, hingga iming-iming vaksin dari wabah letumosis yang sedang merebak di seluruh negeri Bumi.

Yang jelas, keberadaan Cinder dalam cerita ini punya andil dalam melawan Ratu Levana dan kroninya. Tapi entahlah seorang cyborg sebatang kara dapat melawan ratu yang sangat berkuasa.

Sebenarnya cerita ini adalah campuran inspirasi dari berbagai kisah dongeng dan fantasi. Mungkin semacam fiksi penggemar dari cerita Cinderella, Sailor Moon (mengingat penulisnya merupakan penggemar Sailor Moon), dan juga Star Wars. Yang saya sukai dari fantasi yang satu ini, meskipun tokohnya perempuan, ia tidaklah berkarakter lemah. Cinder bukanlah damsel in distress. Ia berkepribadian kuat dan sudah lama menjadi kuat dengan bertahan hidup dalam kesulitan. Dan satu lagi, ia tidak pernah bermimpi mendapatkan pertolongan orang lain (bahkan mengharapkan pangeran datang), kecuali dirinya sendiri.

Saya cukup suka dengan alur ceritanya. Maka dari itu sepertinya 3 bintang cukup. :)

Data

Judul: Cinder (The Lunar Chronicles #1)
Pengarang: Marissa Meyer
Penerjemah: Yudith Listiandri
Paperback, 384 pages
Published January 1st 2016 by Penerbit Spring (first published January 3rd 2012)

No comments:

Post a Comment