Pages

4.16.2017

Kilas Buku: Kick Andy - Kisah Inspiratif 3


Membuat orang berubah itu tidak gampang. Apalagi mengubah diri sendiri. Banyak yang gagal memenuhi resolusi karena tidak sanggup menjalani komitmen. Pada akhirnya banyak orang yang lelah dengan motivasi dan membenci para motivator. Namun ketika melihat orang lain berubah dan berevolusi menjadi lebih baik, tanpa kita sadari ada benih semangat yang tumbuh dalam hati. Itulah kenapa acara Kick Andy terus berjalan tanpa pernah membosankan.
Andy F. Noya sendiri berujar, "Sebagian besar inspirasi, justru datang dari 'orang-orang kecil' yang selama ini 'tidak terlihat'."
Saya jarang sekali menonton acara 'Kick Andy' di televisi karena memang tidak selalu sempat. Tapi bukan berarti saya tidak menyukainya. Menonton siaran tunda 'Kick Andy' atau membaca ulasan-ulasannya selalu mencerahkan hati saya. Salah satunya adalah buku Kisah Inspiratif jilid ketiga ini.

Pada jilid ketiga ini terkumpul beberapa kategori yakni 'music & art', 'life & share', 'creative', 'inspirative & education', dan 'inspirative journey'. Tentu saja saya punya beberapa cerita yang saya unggulkan. Salah satunya adalah artikel yang berjudul 'Tanah Air Beta'. Segmen ini menceritakan tentang lepasnya wilayah Timor Timur dari Indonesia dan kini berdiri sebagai negara sendiri bernama Timor Leste.

Ada rekaman Kick Andy mengunjungi Tuapukan, salah satu kamp pengungsian yang besar dan padat untuk penduduk yang pro-integrasi pada 1999. Dari sana juga banyak cerita yang digulirkan tentang kenangan menyedihkan itu. Salah satunya adalah Ibu Ida. Ia bercerita ketika bentrokan dahsyat terjadi di kota Dili, ia harus mengungsi bersama ketiga anaknya. Sementara sang suami masih berada di tambang karena ia bekerja sebagai buruh tambang emas Fahrol. Meski tanpa suami, Ida berjuang untuk mengungsi keluar kota Dili. Ia terseok-seok mendidik ketiga anaknya dalam pengungsian, bahkan sampai saat ini setelah kerusuhan mereda. Suami Ida yang kala itu berjanji akan bertemu di Kupang, tidak kunjung datang dan bahkan hilang kabar bagai ditelan bumi. Namun hidup terus berlanjut. Impian Ida hanyalah menyekolahkan anak-anaknya tinggi-tinggi agar dapat menjadi orang yang sukses di kemudian hari.

Ada juga beberapa cerita tentang anak muda yang kreatif dan inovatif. Ada dokter gigi yang menciptakan bor gigi bermusik supaya pasien tidak takut dengan suara bor, terutama pasien anak-anak. Ada juga mahasiswa ITS yang menemukan listrik dari limbah kulit pisang. Dan bahkan ada juga anak madrasah yang menciptakan Ecobot.
Ecobot diciptakan berdasarkan hipotesis bahwa keseimbangan ekosistem, baik di darat, air, maupun udara, perlu dijaga kelestariannya demi keberlangsungan makhluk hidup di dalamnya. (hal. 168)
Begitulah kira-kira isi kumpulan kisah inspiratif jilid ketiga ini. Kisah inspiratif adalah salah satu bentuk motivasi tanpa harus menggurui.

Judul : Kick Andy : Kisah Inspiratif 3
No. ISBN : 9786028811934
Penulis : Tim Kick Andy & Arif Koes H
Tebal: 232 halaman
Penerbit : Bentang Pustaka
Tanggal terbit : Oktober - 2012.

No comments:

Post a Comment