Top Social

Kilas Buku: Pertarungan di Bukit Sagara (Jaka Wulung #1)

|




Seorang bocah tengil muncul untuk meramaikan dunia persilatan. Di tangannya tergenggam Kudi Hyang, senjata mematikan di seluruh Jawa Dwipa. Para petarung bingung dan bertanya-tanya. Siapa sebenarnya bocah itu.

Bocah itu bernama Jaka Wulung. Dinamakan Wulung karena kulitnya gelap seperti bambu wulung. Ia merupakan bocah Sebatang kara yang mendapatkan pelatihan intensif bela diri dari seorang guru yang sebenarnya sedang menyamar dan menjauh dari dunia luar.

Jaka Wulung pun tumbuh sebagai pemuda yang tampan, baik, dan pastinya jago silat.

Serba instant!

Pada awalnya saya berharap serial Jaka Wulung ini seperti novel silat legendaris Wiro Sableng. Yah atau setidaknya membangkitkan semangat dunia persilatan dalam literatur Indonesia. Sayangnya banyak hal yang serba instant dari cerita ini:

  1. Jaka Wulung memiliki kesaktian setara dengan pendekar silat lainnya walau hanya dilatih dalam jangka waktu tahunan yang terhitung singkat. Meskipun sudah punya bakat sakti, menurut saya latihan keras tetap menjadi poin penting seseorang untuk menjadi ahli.
  2. Gerakan jurus dan problema pertarungan tidak dijabarkan dengan detil. Tiba-tiba pertarungan selesai dalam satu atau dua tendangan saja misalnya. Wah, saya kurang puas.

Bangkit!

Walaupun hanya memberi 2 bintang pada buku ini, saya mengharapkan literatur yang membahas tentang dunia bela diri asli Indonesia bangkit kembali. Siapa sih yang tidak rindu dan bangga dengan Wiro Sableng yang populer itu? Atau siapa sih yang tidak mengkeret dengan 7 Manusia Harimau? Mungkin untuk menghasilkan novel-novel sebagus itu butuh bacaan dan daya imajinasi yang bagus juga ya. :)

Informasi buku

Judul; Petarungan di Bukit Sagara (Jaka Wulung #1)
Pengarang: Hermawan Aksan
Penyunting: Dhewiberta
Tebal: 222 halaman
Penerbit: Bentang Pustaka, 2013

Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature