Top Social

Kilas Buku: Pintu Harmonika

|

Judul: Pintu Harmonika
Pengarang: Clara Ng & Icha Rahmanti
Genres: Teenlit
Penerbit: Plot Point, Maret 2013
Tebal: 307 halaman

Punyakah kamu surga di Bumi, tempatmu merasa bebas, terlindungi dan… begitu bahagia hanya dengan berada di situ?

Rizal, Juni, dan David menemukan surga lewat ketidaksengajaan; Buka pintu harmonika, berjalan mengikuti sinar matahari, dan temukan surga. Surga yang tersembunyi di belakang ruko tempat tinggal mereka.

Walau mereka berbeda usia dan tidak juga lantas bermain bersama, surga membuat mereka menemukan bukan hanya sahabat, tetapi juga saudara dan keluarga. Ketika surga mereka akan berakhir, semangat mempertahankannya membawa mereka pada sebuah petualangan lewat tengah malam. Apa pula hubungannya dengan pencitraan Rizal, masalah Juni di sekolah dan bulu hitam misterius yang berpendar cantik temuan David serta suara-suara misterius di atap rukonya? (goodreads)

Saya baru saja menyelesaikan membaca cerita ini. Yakni tentang tiga anak sekolah yang berbeda usia, namun tinggal dalam lingkungan yang sama dan punya keinginan yang sama; ketenangan dan ketentraman. Itulah awal mereka bertemu dan itulah yang menjadi asal usul surga, sepetak lahan sengketa yang menjadi suaka mereka.

Ada beberapa hal yang ingin saya paparkan disini.

1. Judul
Seperti yang kita tahu bersama, judul dari novel ini adalah Pintu Harmonika, dengan subjudul "dijual cepat surga!". Sebagai pembaca yang tidak teliti, saya agak kebingungan menghubungkan judul dengan cerita. Apa hubungannya harmonika, pintu, dan surga?? Padahal kalau saya jeli, pintu harmonika sudah disebut dalam sinopsis, plus, ada gambar tiga pintu ruko pada sampul buku. Yang saya tidak habis pikir, saya tidak bisa menebak bahwa pintu harmonika adalah pintu-pintu ruko.

Baiklah, mungkin saya kurang bisa menangkap makna tersirat. Namun jika mau mengambil hikmah, pembaca awam seperti saya mungkin juga tidak bisa menangkap keterkaitan antara judul dengan cerita. Pembaca awam akan bertanya-tanya, mana sih pintu harmonikanya? Atau, apa sih yang dimaksud pintu harmonika disini? Padahal judulnya sudah menarik lho. Sayang banget keterkaitannya dengan cerita kurang ditonjolkan. :( Penjelasan soal pintu harmonika di awal cerita mungkin dapat memberi schemata pada pembaca.

2. Karakter
Saya senang pada karakter yang ada dalam cerita ini. Tapi yang paling saya suka adalah karakter Rizal dan bapaknya. Gaya Rizal yang suka ngeblog plus narsis membuat saya cengar cengir sendiri. Bapaknya juga nggak kalah kocak. Sementara untuk Juni dan David, saya juga menyukainya meski tidak seperti Rizal dan bapaknya yang menjadi favorit saya.

3. Gaya Cerita
Rizal: Ia punya gaya cerita yang sok narsis, suka pamer, dan gaya blogger banget. Meski begitu, saya tetap suka gayanya. Mungkin karena memang saya pribadi adalah blogger. Dan kebanyakan blogger punya sifat yang mirip-mirip kayak Rizal begitu, suka narsis, curcol gak jelas, pamer, dll haha. ini no offense yaa :D

Juni: Dari gaya cerita sudah ketahuan kalau Juni punya banyak masalah yang ia simpan sendiri. Akibatnya ia tertekan. Gaya penceritaannya serius.

David: Saya agak kecewa dengan gaya penceritaan David yang menurut anggapan saya pada awalnya memiliki gaya yang lucu khas anak kecil. Tapi ternyata tidak seperti yang saya duga. David begitu dewasa dan tumbuh menjadi seorang anak kecil yang tidak hanya sok tahu namun juga detil dan penuh analisis.

Dari karakter dan gaya penceritaan tiga tokoh yang berbeda sudah bisa ditebak kalau pembaca akan membaca cerita dari POV yang berbeda juga. Sulit disangka bahwa ending yang diluar dugaan akan ditemukan para pembaca dari novel yang satu ini.

Kesimpulannya novel ini cukup enak dibaca dan sangat menggambarkan remaja / anak-anak (untuk sudut David). Sayangnya saya masih kurang sreg dengan judul Pintu Harmonika. Ah andai ada penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan Pintu Harmonika di awal cerita.
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature