Top Social

Kilas Buku: Gajah Mada

|
Gajah Mada #1
Penulis: Langit Kresna Hariadi
Terbit: 2004
Penerbit: Tiga Serangkai
Tebal: 582 halaman


Pada kesempatan ini, saya menulis resensi sebuah novel fiksi sejarah yang berjudul Gajah Mada. Novel ini berkisah tentang Gajah Mada yang legendaris karena usahanya menyatukan wilayah nusantara di bawah kerajaan Majapahit. Novel yang akan saya bahas ini merupakan seri pertama dari lima buah novel yang menceritakan kisah Gajah Mada dari awal menjadi pasukan Bhayangkara hingga Perang Bubat. Baiklah, mari kita mulai saja.


Cerita dari novel ini berangkat dari masa Majapahit ketika dipimpin oleh Jayanegara. Pada masa Jayanegara, Majapahit kerap dilanda pemberontakan. Salah satu pemberontakan yang cukup dahsyat adalah pemberontakan oleh Ra Kuti. Istana sudah berhasil dikepung oleh Ra Kuti, namun Jayanegara berhasil meloloskan diri dengan bantuan Gajah Mada dan anggota pasukan Bhayangkara-nya. Jayanegara kemudian diamankan oleh Gajah Mada hingga desa Badander. Dari sini, Gajah Mada kemudian mengatur strategi bersama anggota pasukan Bhayangkara lainnya untuk mengambil alih kekuasaan dari Ra Kuti. Pada akhirnya, perang pun terjadi dan Gajah Mada dapat mengalahkan pasukan Ra Kuti.


Sinopsis singkat di atas mungkin mirip dengan cerita sejarah yang kita dapatkan di bangku sekolah. Namun demikian, penambahan unsur fiksi dan aksi-aksi yang lebih membuat sejarah tersebut menjadi lebih menarik untuk disimak. Penggunaan kata-kata oleh penulis mengingatkan saya akan cerita silat khas Indonesia (atau Jawa) yang sering saya baca di surat kabar. Penggunaan kata-kata ini di sisi lain membuat kita merasakan rasa jaman dulu yang kolosal, namun di sisi lain menimbulkan sedikit kebosanan karena banyaknya kata yang diulang-ulang. Selain itu, tokoh Gajah Mada di sini digambarkan sangat kuat dan tak terkalahkan, sehingga setiap usahanya dapat dipastikan selalu berhasil.

Dibalik segala kekurangannya, novel ini telah berhasil menceritakan sejarah dengan gaya yang berbeda dan menarik. Bagi teman-teman yang ingin mempelajari sejarah dengan cara yang berbeda, silahkan membaca novel ini.

Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature