Pages

7.08.2012

KilasBuku: My Journey Through Postpartum Depression, Kisah Nyata Sang Bintang Melawan Depresi Pasca-Melahirkan

My Journey Through Postpartum Depression, Kisah Nyata Sang Bintang Melawan Depresi Pasca-Melahirkan
Penulis: Brooke Shields

Penerjemah: Berliani M. Nugrahani
Terbit: Februari 2007
Penerbit: Qanita
Tebal: 290 halaman


Perempuan memang spesial, hal-hal yang diturunkan kepadanya juga hal-hal spesial. Ketika ia mengalami siklus bulanan, ia harus menanggung rasa nyeri yang tidak hanya terasa secara fisik, namun juga batin, hal ini lebih dikenal dengan PMS (Pre-Menstrual Syndrom). Dan begitu juga yang dialaminya saat melahirkan, baik secara normal ataupun melalui operasi. Sang ibu harus berjuang melahirkan bayinya, rasa sakit lahir batin pun dirasakannya. Sakit lahir batin ini meliputi sebelum, ketika dan setelah melahirkan lho. Ya begitulah perjuangan ibu.

Buku ini bercerita tentang pengalaman Brooke Shields, bintang Hollywood yang populer dengan serial televisi 'Suddenly Susan' ketika mengalami Postpartum syndrom. Yang ia alami bukan sekedar Baby blues yang pastinya akan selalu dialami ibu pasca melahirkan, tapi lebih dari itu. Depresi pasca melahirkan sangatlah langka, dan melanda satu dari sepuluh ibu di seluruh dunia atau 10 - 20% menurut National Mental Health Association di Amerika. Depresi ini berbahaya bagi ibu dan bayinya. Para wanita penderita bisa mengalami paranoid, delusi, halusinasi hingga yang paling parah menyakiti dirinya dan anak-anaknya.

Lalu bagaimana dengan Brooke Shields, dapatkah ia menangani depresi yang ia derita? Yang terpenting dalam penyembuhan mood disorder ini adalah kemauan yang kuat dari si penderita serta dukungan penuh dari keluarga khususnya suami si penderita.

No comments:

Post a Comment