Top Social

Kilas Buku: Akeelah and The Bee

|
sekarang yang akan saya review adalah novel Akeelah yang ditulis berdasarkan film Akeelah & The Bee yang dirilis tahun 2006. novel ini meceritakan seorang gadis Afrika-Amerika yang berasal dari Los Angeles Selatan bernama Akeelah Anderson. Ia digambarkan sangat cerdas meski tinggal di lingkungan yang tidak mendukung. Digambarkan kota tempat Akeelah tinggal adalah kota yang sebagian besar penduduknya adalah warga keturunan Afrika dan Latin. kota ini juga digambarkan kumuh dan sangat memprihatinkan dalam segala hal.

Kecerdasan Akeelah terletak pada kecintaannya terhadap kata-kata. Ia suka sekali pelajaran mengeja. sampai suatu saat ia mendapat kesempatan untuk mengikuti Lomba Mengeja Nasional di Washington DC untuk pertama kalinya. Hingga akhirnya ia pun berhasil memenangi kontes itu bersama Dylan yang juga menjadi finalis lomba mengeja.

yang menarik dan bisa diambil dari cerita ini adalah, bukan soal kemenangan Akeelah. tetapi perjalanan Akeelah menuju kemenangannya itu. bagaimana ia bertarung melawan dirinya sendiri ketika kebosanannya belajar dan berusaha keras menghampiri. bagaimana ia menghadapi tekanan dari lingkungan juga keluarganya ketika memutuskan untuk mengikuti kompetisi mengeja ini. cerita ini cukup cerdas dan pantas untuk dijadikan bahan renungan dan motivasi. sayangnya, penerjemahan yang dilakukan Sapardi Djoko Damono untuk novel ini kurang memuaskan. tapi tak apa, setidaknya cukup membahagiakan para pembaca dan setidaknya ada ucapan terima kasih dari pembaca karena sudah ada yang mau bersusah payah menerjemahkan. terima kasih kakek Sapardi.
1 comment on "Kilas Buku: Akeelah and The Bee"

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature