Top Social

Kilas Buku: Parmin

|
Judul: Parmin
Pengarang: Jujur Prananto
Desain Sampul & Ilustrasi: Rahardjo S.N
Penerbit: Kompas
Cetakan: I, Februari 2002
Tebal: 160 halaman

Seperti apa saudara melihat dunia ini? Err, baiklah kita persempit lagi, seperti apa saudara melihat kondisi Indonesia saat ini? Secara pribadi saya sendiri terkadang seperti hidup di dunia yang palsu. Tontonan yang ada di televisi bertabur isu-isu yang bisa jadi palsu, kebohongan yang dibenarkan dan kebenaran yang dikaburkan. Formalitas segala macam lebih ditonjolkan daripada berbuat kebaikan.

Itulah kurang lebih yang ada dalam cerpen-cerpen karangan Jujur Prananto. Ada 16 cerpen dalam satu buku yang disebut PARMIN: Kumpulan Cerpen Jujur Prananto terbitan Kompas ini. Dan jika dimintai pendapat mana-mana saja cerpen yang saya suka dan mana yang tidak, saya akan menjawab saya suka semuanya! Terutama cerpen yang berjudul Parmin, yang juga dijadikan judul untuk kumcer ini.

Parmin adalah seorang tukang kebun yang bersahaja dan bekerja untuk keluarga kaya. Suatu ketika ada isu merebak dalam keluarga tersebut karena sikap Parmin yang mencurigakan. Gerak-gerik si tukang kebun membuat anggota keluarga terkait menyimpulkan bahwa si pekerja tsb telah mencuri. Apa yang dicuri? Padahal keluarga kaya tsb sebenarnya juga tidak yakin barang apa yang hilang. Namun isu terus berkembang dan ditindaklanjuti dengan diadakannya investigasi kecil-kecilan terhadap Parmin.

Prasangka. Ya, prasangka membuat si keluarga kaya menuduh tanpa alasan namun tidak berani bertanya langsung kepada Parmin, si orang kecil. Nilai moral dari cerpen ini membuat saya tertohok, kadang saya juga hanya mampu berprasangka tanpa berani bertanya terus terang. Lantas orang macam apa keluarga kaya tsb, dan juga saya? Pengecut mungkin menjadi julukan yang pantas.

Cerpen yang lain juga tak kalah menohok. Maka hati-hati untuk tertohok. Sebelum membaca kumcer ini, ada baiknya membaca Kata Pengantar yang ditulis oleh si pengarang sendiri. Kata pengantar yang membuat air mata saya sedikit merebak. Jujur mengungkapkan segala proses kreatif sehingga ia mampu menghasilkan cerpen-cerpennya. Ada satu hal yang saya senang dari kata pengantarnya, boleh saya kutip disini ya;
"...sebab sebagian besar cerpen saya lahirnya memang terinspirasi dari kejadian nyata. Saya katakan "terinspirasi" dan bukan "berdasarkan", karena saya memang tidak pernah (atau tidak tega) begitu saja mengalihkan suatu kejadian nyata menjadi sebuah cerita." (Parmin, ix)
Menurut saudara sekalian, apakah kutipan diatas bentuk sindiran tak langsung dari Jujur terhadap karya tulis yang tumplek blek dikopi dari kisah nyata?

Ilustrasi
Ilustrasi cover yang dibuat dengan artistik oleh Rahardjo S.N cocok dengan judul cerpen Parmin. Selain itu, ilustrasi cerpen lainnya (yang dibuat oleh ilustrator selain Rahardjo) pun juga tak kalah menarik. Dan bukan hanya menarik sebenarnya, ilustrasi yang dibuat pun rasanya pas dengan cerpen-cerpen yang ditulis.

Akhir kata, inilah kumpulan cerpen terbaik yang pernah saya baca setelah kumcer karya Kuntowijoyo; Dilarang Mencintai Bunga-Bunga. Meski ada salah satu cerpen (Dua Pemerkosa) yang sadis dan satu cerpen (Nasib Seorang Pendengar Setia) yang absurd dan menyedihkan dalam Parmin, tetapi saya rasa dunia ini aslinya lebih absurd dan aneh.

Tentang Penulis:
Jujur Prananto adalah penulis skenario film dan serial tv Indonesia, salah satunya adalah film Ada Apa dengan Cinta dan Rini Tomboy yang sempat menjadi nominasi Festival Film Indonesia kala itu. Parmin, salah satu cerpennya ini juga pernah diangkat menjadi sinetron.
Jujur lahir di Salatiga pada 30 Juni 1960 dan besar di Yogyakarta hingga lulus SMA pada tahun 1979. Pada 1984 ia lulus dari Sinematografi IKJ.

Tulisan ini diikutsertakan pada posting bareng BBI untuk Kumpulan Cerpen.

2 comments on "Kilas Buku: Parmin"
  1. Aku inget nama Jujur karena AADC...tapi belum pernah baca karya2nya sih...sepertinya kumcernya yang ini menarik juga...

    ReplyDelete
  2. kayaknya udah nggak ada bukunya di tokbuk ya kak

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature